UNIVERSITAS HASANUDDIN

  • id
  • en

PROGRAM MAGISTER GEOFISIKA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Penjaminan mutu dilaksanakan dalam suatu sistem, mekanisme dan prosedur mulai dari tingkat universitas, fakultas sampai ke program studi. Mekanisme penjaminan mutu dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) diandalkan untuk mengontrol pelaksanaan proses belajar mengajar dan adiministrasi yang berbasis SMM-ISO 9001: 2015, sarana dan prasarana pendukung.

Untuk meningkatkan dan menjaga mutu pendidikan di Program Studi Geofisika telah dibentuk Unit Penjaminan Mutu Internal, yang tercermin pada adanya unit pelaksana dan prosedur serta standar mutunya, serta komitmen sivitas akademika terhadap jaminan mutu.

Evaluasi internal dalam rangka penjaminan mutu tersebut dilakukan secara berkala dan hasilnya dimanfaatkan untuk peningkatan atau pemeliharaan mutu kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi. Hasil atau laporan evaluasi internal terdokumentasi yang dilakukan pada Audit Mutu Internal oleh LPMI dan GPMF yang dibentuk oleh Unhas. Selain itu Unhas juga telah membentuk Lembaga Kajian Pengembangan Pembelajaran (LKPP) dan Lembaga Satuan Pengawas Internal (LSPI). Semua Lembaga ini tercantum dalam Peraturan Rektor No: 32500/UN4.1/OT.10/2016. Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin juga telah melakukan pengembangan sumberdaya dan sistem kelembagaan.

FMIPA Unhas juga telah membuat aplikasi yang dapat diakses secara online pada URL –  http://www.unhas.ac.id/mipa/emutu. Aplikasi ini memuat Instrumen Audit Mutu Internal (AMI) Strata Satu Universitas Hasanuddin (Unhas) dengan harapan dapat membantu meningkatkan kualitas penyelenggaraan kegiatan akademik semua program studi strata satu dalam lingkup Universitas Hasanuddin. Selain itu, Instrumen ini juga ditujukan untuk mengevaluasi proses pembelajaran pada semua program studi strata satu dalam lingkup Unhas.

Pertanyaan-pertanyaan yang tercantum di dalam instrumen ini mengacu pada :

  1. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2014 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.
  3. Buku IV Panduan Pengisian Borang Akreditasi Program Studi Sarjana oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Versi 8 April 2010.
  4. Renstra Unhas Tahun 2016-2020 Versi 6 Mei 2015.

Dengan demikian, maka instrumen AMI program studi S1-Unhas ini terdiri atas 7 standar, yaitu :

  1. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi.
  2. Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu.
  3. Mahasiswa dan lulusan.
  4. Sumber daya manusia.
  5. Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik.
  6. Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi.
  7. Penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Instrumen AMI program studi S1 FMIPA-Unhas ini akan diisi oleh Ketua Program Studi, kemudian berdasarkan hasil isian tersebut akan dilakukan audit kepatutan oleh Auditor AMI. ( http://www.unhas.ac.id/mipa/emutu )

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail