UNIVERSITAS HASANUDDIN

  • id
  • en

PROGRAM MAGISTER GEOFISIKA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Laboratorium Geoinformatika (Lab. Geoinformatika) merupakan nama baru untuk Laboratorium SIG (Sistem Informasi Geografis) yang merupakan salah satu laboratorium yang terdapat pada Prodi Geofisika. Lab. Geoinformatika melakukan kajian untuk mengembangkan kompetensi:

  • Pemetaan digital,
  • Analisis citra satelit,
  • Pemrograman Web GIS (Geographic Information System),
  • Sistem informasi berbasis geospasial,
  • Analisis geostatistik, Numerik dan Geospasial

Berdasarkan kajian tersebut, maka Lab. Geoinformatika merupakan laboratorium yang memiliki layanan luas, selain penelitian yang berbasis SIG sendiri. Dalam lingkup Prodi Geofisika, semua penelitian yang bebasis keruangan membutuhkan layanan laboratorium ini. Setiap tahun laboratorium Geoinformatika menghasilkan sarjana.

Penggunaan SIG yang menjadi persyaratan dalam perencanaan wilayah, penyusunan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) baik  Nasional, Propinsi, Kabupaten dan Kota, menjadikan laboratorium ini dapat melayani instansi pemerintah atau konsultan yang bergerak dalam perencanaan wilayah. Meskipun berbagai fakultas yang ada di Unhas juga memiliki laboratorium yang sama, seperti: Fakultas Teknik jurusan Geologi, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Pertanian (jurusan Tanah). Namun Lab. Geoinformatika yang ada di Fakultas MIPA Prodi Geofisika memiliki kekhususan yang tidak ada ditempat lain, yaitu pengembangan bidang SIG-Pemrograman dan Web-GIS. Salah satu bentuk bantuan Lab. Geoinformatika kepada instansi pemerintah yakni pembuatan Sistem informasi Destinasi Pariwisata (SIMDESPAR) Kabupaten Wakatobi. Sistem informasi tersebut telah digunakan pemerintah setempat dan dapat diakses pada URL: https://explorewakatobi.com.

Kepala Laboratorium GeoInformatika
Dr. Pahrauddin, M.Si.

Peneliti/Anggota Lab :
1. Dr. Samsu Arif, M.Si.
2. Dr. Muh. Altin Massinai.MT,Surv.
3. Syamsuddin, S.Si., M.Si.

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail